Selasa, 20 Maret 2012

Sedikit Coretan sebagai Renungan

Alam semesta merupakan salah satu ciptaan Allah SWT, sang MAHA HEBAT yang luar biasa. Begitu banyak misteri tentang jagad raya ini yang masih belum terungkap oleh para ilmuan-ilmuan sainstis masa kini.
  
"Dan langit itu Kami bangun dengan kekuasaan (Kami) dan sesungguhnya Kami benar-benar meluaskannya." (QS Adz-Dzariyat : 47).

Segala sesuatu yang telah diketahui hanyalah sebagian kecil dari apa yang telah Sang Khalik susun dalam struktur yang luar biasa tiada tandingan. Sampai sekarang ini masih sebagian kecil misteri yang terungkap tentang jagad raya dan alam semesta.
Luasnya jagad raya ini adalah salah satu bukti kekuasaan Allah yang luar biasa hebatnya. Kitatidak tahu, apakah jagad raya ini memiliki ujung yang dapat digapai. Para ilmuan menyatakan bahwa, jagad raya kita yang sudah berumur berpulu-puluh juta tahun, semakin mengembang dari keadaanya awalnya. Benarkah ini terjadi?? Wallahualam,, Hanyalah Allah yang tahu segalanya. Manusia hanya dapat berusaha untuk menyikapi makna dan pengetahuan yang terkandung dari ciptaan Allah yang luar biasa ini.

Ini salah satu video yang menggambarkan betapa luasnya jagad raya ini: 
video


Senin, 19 Maret 2012

Ilmuwan: Bulan, Penyebab Tenggelamnya Titanic




SAN ANTONIO, KOMPAS.com- Satu abad setelah bencana  Titanic, beberapa ilmuwan telah menemukan "pelaku yang tak terduga" atas tenggelamnya kapal itu. Si tersangka itu adalah Bulan.
"Konfigurasi ini memaksimalkan kekuatan pasang naik oleh Bulan di semua samudra Bumi. Itu luar biasa."
Setiap orang yang mengetahui sejarah atau telah melihat film blockbuster mengenai kapal tersebut tahu bahwa penyebab kecelakaan kapal trans-Atlantik itu 100 tahun lalu adalah kapal menabrak gunung es.
"Namun, hubungan Bulan mungkin menjelaskan bagaimana sangat banyak gunung es berada di jalur Titanic," kata Donald Olson, ahli fisika di Texas State University yang tim ahli astronomi forensiknya meneliti peran Bulan.
Sejak Titanic tenggelam saat dini hari 15 April 1912, dan menewaskan 1.517 orang, para ilmuwan telah bertanya-tanya mengapa Kapten Edward Smith tampaknya mengabaikan peringatan bahwa gunung es berada di daerah tempat kapal itu berlayar.
Smith adalah kapten paling berpengalaman di White Star Liner dan telah berulangkali berlayar serta menjelajahi jalur laut Atlantik Utara. Ia telah diberi tugas untuk memimpin pelayaran perdana Titanic, karena ia adalah pelaut yang hati-hati dan punya pengetahuan.
Gunung es Greenland dengan jenis yang ditabrak Titanic biasanya terpancang di perairan dangkal Labrador dan Newfounland. "Karena besarnya, gunung es itu tak bisa terus bergerak ke arah utara sampai cukup mencair dan bisa mengapung lagi atau air pasang tinggi membebaskannya," kata Olson.